Simbol Las Menurut AWS : Cara Membaca dan Membuatnya

Saya ingin berbagi cara membaca simbol las yang umum dipakai. Tahukah kamu bahwa simbol las / welding symbols itu mengacu pada standard. Jadi tidak sembarangan untuk membuatnya.

Sebelumnya kita mempelajari simbol-simbol pada pengelasan terlebih dahulu harus paham bentuk-bentuk sambungan las , setelah itu baru kita aplikasikan ke dalam bentuk simbol lasnya. Cara pembacaan dan penulisan simbol las kali ini sesuai dengan standard AWS A 2.4.

Bentuk Simbol Las

Didalam simbol pengelasan menurut standar AWS memiliki 3 elemen pada simbol dasar , yaitu

dasar symbol pengelasan

Arrow Line
Penulisan simbol arrow line berbentuk tanda panah diujung dengan kemiringan 45 derajat ke bawah, selalu digambar pada perpotongan permukaan las antara material 1 dan material 2 yang akan dilakukan sambungan las.

Reference Line
Di dalam penulisan area reference line / garis referensi digambar garis datar lurus tanpa kemiringan dan berisi tentang keterangan bentuk sambungan yang dilakukan apakah pada arrow side atau pada other side sesuai letak arrow line nya. Arrow side artinya sambungan dilakukan pada area letak tanda panah. Sedangkan other side artinya sambungan dilakukan pada area kebalikan tanda panah.

Supplementary Information
Di dalam supplementary symbols berisi keterangan tentang:
jenis proses pengelasan , bisa tentang pengerjaan NDT, dan pengerjaan dilakukan sesuai dokumen WPS yang diinginkan.

Agar lebih jelas dibawah ini adalah contoh cara pembacaan simbol las pada sambungan fillet dan sambungan tumpul.

Contoh 1 :

simbol sambungan t joint

A. Membuat sambungan T-joint yang letaknya di arrow side menggunakan proses busur listrik SMAW
B. Membuat sambungan T-joint yang letaknya di other side menggunakan proses busur listrik SMAW

Contoh 2 :

simbol pengelasan kampuh V

A. Membuat Sambungan kampuh las V yang letaknya di arrow side , root menggunakan proses las SMAW dan dilanjutkan dengan proses las GMAW untuk fill dan capping.

B. Membuat Sambungan kampuh las V yang letaknya di other side , root menggunakan proses las SMAW dan dilanjutkan dengan proses las GMAW untuk fill dan capping.

Simbol Las Fillet

Simbol Las fillet

Simbol fillet weld tidak banyak macamnya, hanya ada 3 bentuk dasar saja yang harus sobat welder ketahui. ketiga bentuk tersebut adalah bentuk permukaan hasil las lasan pada sambungan T-joint, berikut ini adalah bentuknya

  • Bentuk Datar
  • Bentuk Cekung
  • Bentuk Cembung

Peletakan Simbol Las Fillet

Didalam peletakan simbol las, khususnya sambungan fillet anda harus jeli dalam membacanya. Jangan sampai salah pemahaman sehingga hasil las lasan tidak sesuai yang diharapkan. Agar hasil las sesuai yang diharapkan coba lihat gambar berikut ini.

kesalahan baca simbol las

Pada gambar diatas merupakan gambar sambungan untuk 3 material (a,b dan c), nah simbol las itu terdapat pada sambungan antara material b dan c. Kebanyakan itu selalu salah dalam pembacaan simbol las karena kurang jeli dalam membaca material mana dengan manakah yang akan disambung.

Pada gambar diatas itu yang akan dilakukan penyambungan adalah antara material b dan c. Kenapa saya kasih tanda silang, karena jika bentuk other side nya seperti itu, berarti itu merupakan sambungan antara material a dan b bukan b dan c.

Simbol Las Fillet Menggunakan Ukuran

ukuran simbol las fillet

Selain untuk memberi informasi bentuk dari permukaan lasan, simbol las juga berguna untuk memberikan ukuran dimensi hasil pengelasan yang berguna untuk welder membuat sambungan. Biasanya informasi ukuran yang diberikan adalah tinggi lasan atau yang sering disebut besarnya leg length.

Simbol Fillet Groove

simbol compound weld

Sambungan fillet groove adalah gabungan antara T-joint dan sambungan kampuh. Disini sobat welder akan mempelajari cara peletakan simbol untuk memberi keterangan jenis sambungan fillet groove.

Simbol Las Melingkar

simbol las melingkar

Jika menemukan gambar simbol las dengan tanda lingkaran antara garis arrow line dan reference line, maka pengelasan dilakukan melingkar mengikuti lajur lasan.

Simbol Las Butt joint/Groove

Untuk membaca simbol pengelasan groove lebih sederhana, kita hanya perlu mengetahui macam-macam kampuh las, simbol las sesuai mengikuti bentuk dari kampuh las tersebut.

simbol kampuh V

Simbol Kampuh V
Perhatikan gambar diatas, simbol V ditulis pada garis reference untuk posisi arrow side jadi kampuh dilakukan pada daerah arrow line nya. Begitu juga sebaliknya.

Simbol Kampuh U
Untuk simbol kampuh U juga sama, pada gambar terlihat simbol U ditulis pada garis reference area arrow side, jadi kampuh dilakukan tepat arrow line diletakkan.

simbol kampuh I

Simbol Kampuh I
Untuk simbol las kampuh I juga ditulis / digambar sesuai bentuk kampuhnya yaitu kampuh I.

simbol kampuh Y

Simbol Kampuh Y
Pada sambungan kampuh Y perlu diberi catatan khusus, butt joint tujuannya adalah menyambung material a dan b dimana peletakkan base metal yang akan kita sambung terletak di sebelah kanan dan kiri. Pada kampuh Y, untuk mengetahui basemetal yang manakah yang akan disambung kamu perlu lihat arah dari arrow line / anak panah nya. perhatikan gambar dibawah ini.

Simbol butt joint dengan Ukuran

simbol butt joint menggunakan ukuran

Penulisan ukuran simbol las pada butt joint memberikan informasi kedalaman kampuh yang akan di bevel dan besarnya sudut total kampuh. Ukuran kedalaman ditulis di awal dan ukuran total sudut ditulis di tengah simbol.

Aplikasi Simbol Las Pada Gambar Teknik

Fungsinya apa seh simbol pengelasan ? Nantinya simbol las ini digunakan sebagai media komunikasi terhadap welder yang tertuang didalam gambar teknik tentang project yang dikerjakan.

Sangat penting bagi para intruktur atau seorang inspector untuk bisa membaca simbol Las, karena itu sebagai indikator bahwa juru las sudah menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan gambar fabrikasi yang telah disetujui.

Penggunaan simbol las pada gambar teknik

Gambar diatas adalah contoh penerapan simbol pengelasan pada gambar teknik. Dimana digambar tersebut jenis proses pengelasan diganti dengan kode yang terdapat pada AWS yaitu :

  • Las SMAW kodenya 111
  • Las GMAW kodenya 135
  • Las GTAW kodenya 141

Cukup sekian penjelasan tentang simbol-simbol pengelasan, jika ada yang kurang paham silahkan bertanya dikolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *