Beranda » Uji Kompetensi » Panduan Sertifikasi Juru Las / Welder BNSP

Panduan Sertifikasi Juru Las / Welder BNSP

Halo sobat expertlas, sertifikasi juru las adalah proses pengakuan seseorang memiliki kompetensi pengelasan dengan level tertentu. Sertifikasi juru las ada banyak yaitu sertifikat kemnaker, sertifikat ISO, sertifikat BNSP dll.

Disini kita akan membahas sertifikat pengelasan yang dikeluarkan oleh BNSP (Sertifikat kompetensi “lambang garuda”). BNSP merupakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang dimiliki oleh Negara kita dan sudah diakui secara nasional.

Cara mendapatkan sertifikat welder dari BNSP adalah melalui LSP bidang kejuruan pengelasan. Di Indonesia, LSP kejuruan pengelasan diantaranya adalah LSP LAS, LSP Migas, LSP LMI dll.

Berikut ini panduan mendapatkan sertifikasi pengelasan :

  1. Memiliki Kompetensi Pengelasan
  2. Menghubungi asesor LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi)
  3. Menentukan Kelas Sertifikasi (plat welder/pipe welder)
  4. Asesmen Mandiri
  5. Proses Uji Kompetensi

#1 Memiliki Kompetensi Pengelasan

pelatihan dan sertifikasi 6G

Kompetensi atau kemampuan pengelasan bisa didapatkan melalui lembaga pelatihan dan juga karena berlatih sendiri. Kemampuan tersebut termasuk keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja sesuai dan relevan dengan prosedur pengelasan.

Bagi pemula untuk mendapatkan kompetensi juru las bisa dimulai dari level dasar terlebih dahulu yaitu proses SMAW. Lakukan sesuai prosedur dan disiplin.

baja juga : pelatihan pengelasan

#2 Menghubungi Asesor LSP

instruktur dan asesor las

Setelah memiliki keterampilan juru las kamu bisa langsung menghubungi asesor untuk melakukan uji kompetensi. Kebetulan disini saya adalah seorang asesor las dan bisa membantu kamu. Ataupun, Jika kamu perseorangan yang membutuhkan sertifikat welder ataupun sebuah perusahaan yang ingin mensertifikasi pekerja bisa kami bantu. Bisa hubungi kami <

#3 Menentukan Kelas Sertifikasi

uji aluminium 6G stainless

Kelas sertifikasi pengelasan adalah jenis level sertifikasi juru las yang ingin kamu ambil. Sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Berikut adalah level-level sertifikasi pada juru pengelasan :

  • Fillet welder 1F/2F/3F/4F SMAW/GMAW/FCAW/GTAW
  • Pelat welder 1G/2G/3G/4G SMAW/GMAW/FCAW/GTAW
  • Pipe welder 1G pipa/2G pipa/5G/6G SMAW/GMAW/FCAW/GTAW
  • Welder kombinasi

Untuk welder kombinasi itu bisa pipa dan juga bisa pelat. Pengelasan yang digunakan adalah kombinasi proses GTAW – SMAW/GMAW/FCAW ; kombinasi proses SMAW – GMAW/FCAW ;dan kombinasi proses GMAW – FCAW/SMAW

baca juga : sertifikasi pelat welder dan pipe welder

#4 Asesmen Mandiri

kelas pengelasan

Asesmen mandiri dilakukan setelah diterima oleh asesor pada sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai calon asesi. Asesi akan diberikan berkas MUK (Materi Uji Kompetensi) untuk diisi dan ditanda tangani.

Selanjutnya asesi mengisi form asesmen mandiri di dalam MUK (Materi Uji Kompetensi) yang diberikan oleh Asesor LSP. Kemudian membicarakan kesepakatan pelaksanaan waktu uji kompetensi juru las.

Asesor LSP akan memberikan arahan skenario uji kompetensi dimana yang sangat penting adalah kamu bisa mendemonstrasikan pengelasan sesuai kompetensi yang kamu miliki dan inginkan.

#5 Proses Uji Kompetensi

uji pelat welder

Pada proses uji kompetensi juru las, pertama kamu akan diuji pengetahuannya melalui uji tertulis dan diuji ketrampilan melalui uji demonstrasi praktek pengelasan sesuai kemampuan yang kamu miliki.

Baiklah teman-teman welder proses uji kompetensi sangatlah mudah jika kamu benar-benar memiliki kemampuan sesuai bidang keahlianmu.

Jadi pastikan kamu benar-benar siap untuk melakukan praktek pengelasan sesuai level yang kamu inginkan.

Bagaimana Untuk Mendapatkan Sertifikasi Pengelasan yang Murah?

Melakukan sertifikasi juru las atau welder di sebuah lembaga swasta dan di lembaga pemerintah sangatlah berbeda. Jika di lembaga swasta tentunya lebih mahal karena terkait fasilitas dan tempat yang mereka berikan.

Berbeda dengan lembaga pemerintah, itu semua biaya gratis, tetapi kamu wajib mengikuti pelatihan pengelasan terlebih dahulu dan nanti di akhir pelatihan akan mendapatkan uji kompetensi pengelasan. Sangat cocok bagi kamu yang belum memiliki kompetensi pengelasan.

Menurut pengalaman saya, solusi bagi kamu yang sudah memiliki kompetensi pengelasan dan sedang bekerja dan ingin mendapatkan sertifikat las BNSP adalah dengan menghubungi asesor las langsung. Selain harganya lebih murah, kamu bisa melakukan uji kompetensi di tempat kamu bekerja.

Jika tertarik sertifikasi pengelasan bersama asesor kami mulai dari harga 1 jutaan maka silahkan ke halaman hubungi saya atau wa ke 081-32790-1293


Comments

9 tanggapan untuk “Panduan Sertifikasi Juru Las / Welder BNSP”

  1. Terima kasih pak, boleh pak saya dibantu untuk sertifikasi pengelasan pipe welder 6G

    1. silahkan pak bisa hubungi via wa

  2. Avatar sholeh

    boleh pak infonya untuk pelatihan 3G dan sekalian untuk sertifikasinya

    1. 3G apa proses apa ya pak ? bisa by wa atau email di halaman hubungi kami no wa kami. terima kasih

    2. Avatar Darmin Andi S
      Darmin Andi S

      Boleh info pelatihan welder

  3. Avatar Darmin Andi S
    Darmin Andi S

    Untuk mendapatkan sertifikasi dari bnsp

    1. boleh bisa klik di halaman Hubungi Saya

  4. Avatar Anwar ibrahim
    Anwar ibrahim

    Untuk kontak wa gimana pak
    Saya ingin bikin sertifikasi welder

    1. wa ada di halaman hubungi saya, 081 32790 1293

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *