Uji Sertifikasi Las 3G SMAW

Halo pembaca situs referensi pengelasan indonesia. Berikut adalah kegiatan kami dalam melakukan proses sertifikasi 3G SMAW. Proses sertifikasi ini diikuti oleh 16 peserta yang memiliki kompetensi 3G SMAW.

Para kandidat asesi merupakan peserta yang sudah berlatih pengelasan 3G SMAW di BLK Kalianda. Pelatihan sudah berlangsung sekitar 2 bulan.

Daftar Isi :

#1 Melakukan Isi Berkas MUK

pengisisan MUK 3G SMAW

Uji Kompetensi 3G SMAW dimulai dengan pengisisan berkas MUK, dimana peserta mengumpulkan prasyarat yaitu Foto 3×4, KTP dan ijazah. Dilanjutkan dengan mengisi persetujuan asesmen dilakukan dan ditandatangani kesepakatan hari pelaksanaan uji kompetensi.

baca juga : panduan sertifikasi juru las

Setelah semua peserta diterima sebagai asesi, maka setiap peserta diminta melakukan pernyataan bahwa telah memiliki kompetensi pengelasan 3G proses SMAW. Dimana mereka harus menyatakan telah menguasai setiap unit kompetensi yang akan diujikan yaitu

  • Unit C.25LAS01.001.01 Melaksanakan Persiapan Tempat Kerja
  • Unit C.25LAS01.026.01 Memperbaiki Hasil Pengelasan
  • Unit C.25LAS01.029.01 Membuat sambungan Las Kampuh (groove) sesuai WPS

#2 Uji Tes Teori dan Demontrasi

Didalam melakukan sertifikasi 3G SMAW, setiap peserta akan melakukan 2 jenis uji, yaitu Uji tertulis dan Uji praktek demonstrasi.

praktek 3g smaw

Uji Teori, didalam uji teori siswa akan diberikan pertanyaan essai dan pilihan ganda dimana akan mengukur seluruh pengetahuan setiap unit kompetensi. Didalam mengerjakan soal teori ini asesi minimum harus memeiliki skor 75% benar.

Uji Praktek Demonstrasi, uji ini asesi akan diberikan kesempatan untuk melakukan pengelasan posisi 3G SMAW dengan material dan welding consumable yang telah mereka kuasai. Pengamatan praktek akan dimulai dari persiapan sebelum pengelasan , memakai APD, saat pengelasan dan akhir pengelasan yaitu pembersihan benda kerja.

Jika terjadi kesalahan posisi pengelasan maka dianggap belum menguasai pengelasan 3G SMAW. Dan asesi harus menyelesaikan tahapan Uji sesuai dengan waktu yang telah ditentukan di kesepakatan bersama.

baca juga : sertifikasi pelat welder dan pipe welder

#3 Visual Test Hasil Praktek

Setelah semua asesi menyelesaikan proses praktek, benda kerja akan diuji secara visual menggunakan aceptence criteria standart yang digunakan klien atau sesuai AWS/ISO/ASME. Cacat pengelasan yang bersifat penting yang akan dinilai yaitu harus terbebas dari porosity, underfill, lack of penetration dll.

Jika permintaandari asesi harus menggunakan uji DT dan NDT bisa juga dilakukan tentunya pengujian sesuai standart dan memerlukan seorang WI untuk melakukan uji. Biasanya uji bending atau tekuk dan uji x-ray atau radigraphy.

#4 Hasil Uji kompetensi

Hasil uji kompetensi pengelasan 3G SMAW bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh asesi dan asesor saja. Jika memperoleh rekomendasi maka akan dikeluarkan sertifikat 3G SMAW BNSP. Jika tidak maka peserta bisa melakukan uji ulang.

Demikian proses sertifikasi Las 3G SMAW, jika anda berminat melakukan dan ingin mendapatkan serifikat 3G SMAW bisa menghubungi kami melalui halaman hubungi kami atau wa ke 081-32790-1293.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *